Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa

Pendidikan karakter sudah sering kita dengar. Beberapa sekolah sudah mulai menerapkan pendidikan karakter dengan mengintegrasikan melalui kurikulum dengan menyisipkan atau mengintegrasikan dalam pelajarannya. Salah satu implementasinya adalah dengan meyisipkan beberapa tujuan, pokok bahasan maupun KBM dalam RPP-nya. Setelah mengintegrasikannya kemudian melaksanakannya. Tentunya hal ini tidak sertamerta kita merubah atau memodifikasinya juga harus ada kebijakan yang mendasarinya terutama dari satuan pendidikan itu sendiri agar jalannya secara bersamaan dan terintegrasi.
Beberapa guru di Jawa Tengah telah menjalani pelatihan-pelatihan (TOT) untuk melaksanakan program ini mulai dari pembuatan kurikulum (termasuk mengintegrasikan dalam RPP-nya) sampai pelaksannya. Beberapa sekolah telah menjadi pilot project untuk pelaksanaan program ini. Nantinya seperti halnya pelaksanaan penanaman rasa nasionalisme dan pendidikan karakter bangsa melalui seni (menurut beberapa sumber) akan ada lomba bagi sekolah-sekolah yang sudah menerapkan program ini.

Mari kita intip program ini melalui pedoman Pendidikan Budaya dan karakter Bangsa ini.

Perihal Bu Ambar
Sri Ambarwangi, S.Pd adalah guru Seni Budaya SMK 1 Pringapus Kabupaten Semarang. Media Web Blog ini adalah sebagai sarana pembelajaran bagi siswa SMK1 Pringapus khususnya mata pelajaran Seni Budaya.

Silakan isi komentar atau jawaban di sini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: