Akhirnya, Status RSBI itu Tutup

RSBIJAKARTA, KOMPAS.com – Putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) ini menjadi peringatan keras bagi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) agar mengambil kebijakan yang sesuai dengan konstitusi dan tidak melanggar aspek pedagogis.

Pengamat pendidikan dari Sekolah Tanpa Batas, Bambang Wisudo, mengatakan bahwa kasus RSBI ini harusnya membuat Kemdikbud dan para pengambil kebijakan agar berhati-hati dalam mengambil keputusan. Menurutnya, kebijakan pemerintah harus berpihak pada masyarakat.

“Ini peringatan keras pada Kemdikbud. Lain kali, jangan ambil kebijakan yang tidak konstitusional,” kata Bambang saat jumpa pers di Kantor Indonesia Corruption Watch (ICW), Kalibata, Jakarta, Rabu (9/1/2013).

“Hendaknya besok kalau memutuskan kebijakan harus konstitusional dan mempertimbangkan aspek pedagogis,” imbuh Bambang.

Ia juga berharap bahwa putusan MK yang mencabut status RSBI ini dapat mengembalikan pendidikan ke jalan yang benar. Pendidikan harusnya setara dan tidak hanya berpihak pada golongan menengah ke atas saja sehingga dapat dinikmati oleh semua golongan.

“Jelas dalam Undang-undang, pendidikan itu hak tiap warga negara. Jadi pemerintah dapat berpikir ulang jika ingin membuat kebijakan,” tandasnya.

Gugatan terhadap Pasal 50 ayat 3 Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional diajukan oleh Koalisi Anti Komersialisasi Pendidikan (KAKP) pada Desember 2011. Dalam pembacaan amar putusan, Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD mengatakan, Pasal 50 Ayat (3) Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional bertentangan dengan UUD 1945 dan tidak memiliki kekuatan hukum yang mengikat. Dasar putusan MK, menurut Akil, bisa dibaca di berita Ini Alasan MK Batalkan Status RSBI/SBI.

Perihal Bu Ambar
Sri Ambarwangi, S.Pd adalah guru Seni Budaya SMK 1 Pringapus Kabupaten Semarang. Media Web Blog ini adalah sebagai sarana pembelajaran bagi siswa SMK1 Pringapus khususnya mata pelajaran Seni Budaya.

2 Responses to Akhirnya, Status RSBI itu Tutup

  1. taradhinta mengatakan:

    wah bu! ketemu bu ambar di blog ini. masih ingat saya bu? murid di smp 1 dulu. bayu sekarang kelas berapa ya bu? anyway congratulation buat bayu yang prestasinya segudang setinggi langit, keren banget!

    salam hangat,

    taradhinta
    sma 1 salatiga

Silakan isi komentar atau jawaban di sini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: